Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Cara Mengatasi Touchscreen Android Kurang Sensitif atau Tidak Responsif

Solusi Cara Mengatasi Touchscreen Android Kurang Sensitif atau Tidak Responsif

Solusi Cara Mengatasi Touchscreen Android Kurang Sensitif atau Tidak Responsif tomsheru.com

Touchscreen atau layar sentuh pada android memang menjadi faktor utama agar android dapat dioperasikan, tetapi akhir-akhir ini banyak yang mengeluh karena Touchscreen Android Kurang Sensitif atau Layar Sentuh Android Tidak Merespon saat disentuh dan ini bisa terjadi pada semua merk android termasuk Xiaomi, Samsung, Oppo, Realme, Vivo, Advan, Asus, Lenovo dan merk lainnya. Apakah harus ganti touchscreen agar layar sentuh dapat berfungsi atau harus menahan emosi dengan membiarkan ini terjadi pada hp kamu?

Tutorial yang akan kita bahas nanti juga bisa kamu terapkan untuk Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri atau bergerak sendiri alias Ghost Touch, serta bisa juga untuk Mengatasi Touchscreen Android yang Tidak Bisa Disentuh.

Layar HP tidak Sensitif bisa disebabkan karena banyak faktor, jadi bukan hanya karena touchscreen tersebut rusak saja. Faktor yang menyebabkan layar sentuh android error atau kurang responsif bisa disebabkan karena mungkin kotor akibat debu, atau mungkin saja temperred glass kamu memang perlu diganti, untuk tahu lebih lanjut silahkan baca selengkapnya dibawah ini.

Solusi Cara Mengatasi Touchscreen Android Kurang Sensitif atau Tidak Responsif tomsheru.com

Terkadang kamu juga mengalami hal-hal yang diluar keinginan misalnya seperti layar sentuh macet, layar sentuh tidak berfungsi sebagian atau tidak bisa disentuh sebagian (kemungkinan besar touchscreen rusak), dan hal-hal menjengkelkan lainnya. Untuk itu admin sarankan untuk selalu menjaga layar sentuh kamu dari benturan keras, benda-benda asing dan benda lainnya yang dapat merusak layar sentuh kamu karena layar sentuh adalah bagian yang sangat penting dari smartphone, untuk itu mari kita simak tips cara mengatasi layar sentuh android yang error, Touchscreen Bergerak Sendiri, tidak bisa dipecet, tidak merespon dan masalah lainnya seputar layar sentuh atau touchscreen.


Cara Mengatasi Layar Sentuh yang Mencet Sendiri, Error, Kurang Sensitif atau tidak Responsif


Sebelum masuk ke pembahasan cara memperbaiki layar sentuh kurang responsif, admin tidak menjamin tips ini dapat berhasil 100% tetapi setidaknya kamu bisa berusaha terlebih dahulu sebelum membeli touchscreen yang harganya terbilang cukup mahal.

Solusi Cara Mengatasi Touchscreen Android Kurang Sensitif atau Tidak Responsif tomsheru.com

  1. Hal pertama yang menyebabkan layar sentuh kurang sensitif bisa karena akibat terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan atau terbuka sehingga hp android akan lemot dan layar sentuhpun menjadi tidak sensitif, solusinya yaitu silahkan tutup semua aplikasi terlebih dahulu kemudian cobalah tes layar sentuh kamu.
  2. Pengaruh RAM android penuh juga berpengaruh terhadap perfoma touchscreen kamu, karena dengan RAM (Random Access Memory) yang penuh akan membuat kinerja hp kamu lemot atau lelet sehingga sentuhanmu ke layar android pun akan tertunda, solusinya yaitu tutup aplikasi yang tidak digunakan akan RAM kembali lega.
  3. Faktor berikutnya yang mempengaruhi layar sentuh tidak sensitif yaitu ketidakcocokan ROM yang kamu instal atau salah instal versi firmware. Solusinya yaitu instal ulang android kamu menggunakan ROM versi lain yang lebih cocok untuk tipe hp kamu dan usahakan cari yang tidak ada bug (silahkan cari referensi ROM yang cocok untuk tipe hp kamu di grup-grup).
  4. Hal berikutnya yang mempengaruhi layar android tidak responsif yaitu kerusakan pada layar sentuh kamu. Solusinya yaitu coba cek secara menyeluruh touchscreen kamu, apakah terdapat retakan atau pernah terbentur dengan benda keras, jika iya maka kamu memang harus ganti dengan touchscreen yang baru.
  5. Faktor yang selanjutnya yaitu charger tidak cocok atau bukan charger asli bawaan hp dan biasa layar sentuh bergerak sendiri saat dicas, solusinya yaitu cobalah meminjam charger teman kamu yang mempunyai hp sesuai dengan tipe hp kamu, jika saat mengisi daya ternyata layar kamu berfungsi dengan baik maka kamu harus membeli charger baru yang cocok dengan hp kamu.
  6. Cek juga temperred glass atau pelindung layar kamu apakah sudah tidak layak digunakan atau retak, karena faktor ini juga mempengaruhi kinerja layar sentuh kamu sehingga akan sulit atau mungkin susah disentuh, solusinya yaitu lepas pelindung layar dan ganti jika memang sudah tidak layar dipakai.
  7. Jika dari ke enam tips diatas masih belum bisa mengatasi touchscreen kamu yang rewel, maka cobalah untuk melakukan kalibrasi touchscreen dengan aplikasi Touchscreen Calibration dan Touchscreen Repair yang bisa kamu download melalu Playstore. Aplikasi ini akan mencoba mengkalibrasi ulang settingan layar android kamu mulai dari terlalu sensitif hingga kurang sensitif.

Jika ternyata setelah kamu mengikuti semua tips diatas dan layar sentuh atau touchscreen kamu masih tetap bermasalah maka ada baiknya kamu konsultasikan ke service center terdekat atau counter yang melayani servis hp.

Itulah tadi tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi touchscreen android yang kurang sensitif atau tidak responsif, silahkan share ke teman atau kerabat kamu yang membutuhkan tips diatas agar mereka juga dapat mencobanya sebelum dibawa ke tukang servis. Terima kasih telah setia bersama tomsherU dan sampai jumpa di artikel berikutnya.