Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera? Inilah Cara Mengatasi kamera Android Error Cannot Connect to Camera

Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera? Inilah Cara Mengatasi kamera Android Error Cannot Connect to Camera

Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera Inilah Cara Mengatasi kamera Android Error Cannot Connect to Camera tomsheru.com

HP Android saat ini telah menjadi bagian dari hidup semua orang, ditambah fitur yang semakin canggih terutama dibagian kamera. Hampir semua orang saat ini menggunakan kamera ponselnya untuk memotret objek disekitar lalu mengedit kembali menggunakan aplikasi edit foto di android, tetapi bagaimana jika tiba-tiba kamera android error cannot connect to camera / tidak dapat terhubung ke kamera / can't connect to the camera?

Kamera android error dan tidak dapat dibuka atau kamera force close saat dibuka bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain kerusakan hardware atau software. kerusakan hardware bisa disebabkan karena mungkin hp pernah terjatuh dan secara tidak sengaja mengenai kamera, atau hp pernah terendam air sehingga membuat kamera android menjadi rusak, dan untuk kerusakan software bisa disebabkan karena kesalahan atau ketidakcocokan firmware yang diinstal, atau bisa disebabkan karena salah menginstal file zip melalui twrp.

Permasalahan "Cannot Connect to Camera" atau dalam bahasa indonesia biasa disebut "Tidak Dapat Terhubung ke Kamera" merupakan problem yang fatal karena kamera adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah smartphone. Ketika seseorang akan membeli smartphone khususnya android tentu hal utama yang dilihat yaitu kamera, lalu spesifikasi seperti GPU, CPU, RAM, ROM dan spesifikasi lainnya.

Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera Inilah Cara Mengatasi kamera Android Error Cannot Connect to Camera tomsheru.com

Langsung saja kita simak artikel kali ini yang membahas tentang kamera android Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera, Kamera Android Error, Cannot Connect to Camera, Can't Connect to the Camera, Camera Failed, Kamera Gagal/Failed "ErrorMessageHandler.handlemessage", Camera Error.


Cara Mengatasi Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera pada Android


Kamera android tidak bisa di buka atau menutup secara paksa bukan berarti sepenuhnya kamera pada perangkatmu rusak, itu bisa saja disebabkan oleh kesalahan dari pengguna yang mengotak-atik sistem sehingga kamera tidak mau dibuka atau force close, oleh karena itu cobalah tips dibawah ini mungkin bisa membantumu dalam menangani masalah kamera yang error pada android.

1. Matikan HP Android

Penanganan yang pertama untuk masalah kamera tidak dapat terhubung yaitu dengan cara mematikan hp android terlebih dahulu, kemudian disusul dengan melepas semua yang menempel pada hp seperti baterai, microsd, sim card. Selanjutnya kamu bisa menekan tombol power selama kurang lebih 10-15 detik agar daya di hp benar-benar hilang, lalu silahkan kembali pasang semuanya dan nyalakan hp androidmu dan cobalah kameranya.

2. Paksa Tutup Kamera dan Hapus Data Kamera Android

Jika cara yang pertama masih belum bisa memberikan solusi, cobalah tips yang kedua ini. Silahkan masuk ke pengaturan lalu cari manajer aplikasi dan carilah aplikasi kamera bawaan kamu. Paksa tutup aplikasi kamera tersebut lalu hapus cache dan hapus data pada aplikasi kamera bawaan android lalu silahkan coba kembali aplikasi kamera yang tidak bisa dibuka tadi.

3. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Tips selanjutnya jika kamu masih mengalami masalah cannot connect to camera yaitu dengan cara mengembalikan ke pengaturan pabrik alias factory reset. Dengan cara factory reset tentu akan menghapus segala data yang ada di hp kamu dan hp akan kembali seperti awal pertama beli, maka admin sarankan untuk backup data penting terlebih dahulu sebelum melakukannya.

4. Uninstal File Zip dari TWRP

Adakalanya kesalahan menginstal file zip melalui twrp akan menyebabkan beberapa sensor pada android menjadi mati, bahkan kamera menjadi tidak dapat dibuka atau error. Untuk itu silahkan uninstal kembali file yang sudah kamu flash lewat twrp yang menyebabkan rusaknya kamera android kamu, jika kamu tidak ingat file tersebut maka lanjut ke step berikutnya dibawah ini.


5. Instal Ulang ROM

Untuk mengatasi kamera yang bermasalah pada android maka cara mudahnya yaitu instal ulang ROM baik itu melalui twrp atau melalui software instal ulang sesuai tipe hp. Dijamin kamera akan kembali normal setelah instal ulang ROM, kecuali jika kamera android kamu sudah rusak dan perlu diganti.

6. Ganti Perangkat Kamera

Jika semua tips sudah kamu lakukan dan hasilnya nihil, maka ada baiknya kamu konsultasikan ke service center. Apakah memang benar-benar rusak dan perlu diganti, karena beberapa kejadian kamera menjadi rusak karena hp pernah terjatuh atau terkena air sehingga kamera tidak dapat berfungsi kembali dan perlu diganti dengan yang baru.

Itulah tadi tips Cara Mengatasi Tidak Dapat Terhubung ke Kamera, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Rawat baik-baik hp kamu dan selalu waspada agar tidak terjatuh dan terkena air, terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya.