Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HP Android Menjadi Panas Saat Main Game? Beginilah Cara Mengatasinya

HP Android Menjadi Panas Saat Main Game? Beginilah Cara Mengatasinya

HP Android Menjadi Panas Saat Main Game? Beginilah Cara Mengatasinya tomsheru.com

tomsherU - Bermain game di hp memang sungguh menyenangkan, selain dapat melepas penat setelah seharian beraktifitas juga dapat mengembalikan mood kita menjadi happy. Tetapi tahukah kamu jika bermain game berat di hp android RAM dibawah 1gb dapat membuat hp android kamu menjadi cepat panas bahkan overheat, nge-lag alias lemot, serta memperpendek usia hp android.

Main game di hp android sih boleh-boleh saja, tetapi harus kamu sesuaikan dengan kemampuan dari hp tersebut ya. Main game android berat di hp kentang sama saja menyiksa perangkat yang ada didalam hp android, jadi jika kamu seorang gamer maka disarankan membeli hp android dengan minimal RAM 3gb dan internal 64 gb dengan begitu kamu dapat leluasa memainkan game android online atau offline tanpa lag ataupun lelet.

HP android mendadak panas saat main game itu merupakan salah satu gejala normal, tetapi jika overheat / sangat panas maka kamu harus waspada akan hal ini. Banyak faktor yang menyebabkan hp android menjadi panas baik itu saat digunakan main game atau bahkan saat tidak digunakanpun tetap terasa panas, faktor tersebut meliputi kekuatan sinyal internet, spesifikasi android seperti RAM dan memori internal, suhu sekitar, dan masih banyak lagi Faktor yang Menyebabkan HP Android Cepat Panas.

Oleh karena itu disini admin akan memberikan Tips Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas atau overheat, diharapkan dengan adanya tips ini kamu dapat mengurangi atau bahkan mencegah hp android kepanasan yang dapat membuat pendek usia hp kamu.

HP Android Menjadi Panas Saat Main Game? Beginilah Cara Mengatasinya tomsheru.com

Sesuaikan Game dengan Kemampuan HP Android

Seperti yang sudah kita bahas tadi diatas, jangan memaksakan hp android untuk memainkan game berat jika spesifikasi hp android kamu tergolong minimum. Kamu bayangkan saja anak kecil disuruh mengangkat beban yang berat, hp android kentang diibaratkan anak kecil dan game android berat diibaratkan beban yang berat dan jika ini dipaksakan maka yang terjadi adalah hp akan bekerja extra keras untuk dapat menjalankan game berat tersebut sehingga game akan lag parah dan hp menjadi overheat.

Cek Suhu Keadaan di Sekitar

Suhu juga dapat mempengaruhi hp android panas, jadi sebagus apapun hp android kamu jika dimainkan pada suhu ruangan yang panas maka hp tersebut akan menjadi sangat panas juga. Usahakan untuk memainkan game yang berat pada suhu ruangan yang cukup dingin untuk menjaga suhu hp android kamu agar tetap dingin.

Cek Jaringan Wifi dan Kekuatan Sinyal Internet HP

Sinyal yang lemot juga salah satu faktor penyebab hp android menjadi overheat, karena smartphone akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal terbaik dan disaat yang bersamaan hp tersebut bekerja keras untuk menampilkan perfoma terbaik pada game berat yang sedang kamu mainkan. Hp android yang panas akan menyebabkan perfoma menurun, ini dikarenakan adanya skrip thermal engine didalam sistem yang berfungsi untuk menurunkan perfoma hp secara otomatis agar suhu tetap terjaga dan komponen hp tetap aman.

Atur Kecerahan Layar Smartphone

Karena hp juga akan menjadi sangat panas akibat kecerahan layar yang terlalu tinggi maka usahakan saat bermain game kamu berada pada ruangan tertutup atau sedikit gelap dan tidak terkena sinar matahari agar kecerahan layar dapat kamu redupkan dan game masih dapat terlihat dengan jelas.

Install Aplikasi Pendingin HP

Jika hp android kamu masih terasa panas, maka cobalah instal aplikasi pendingin untuk hp android agar tidak terjadi overheat. Kamu bisa mendownloadnya melalui Playstore seperti Cooler Master CPU Cooling, CPU Cooler - Cooling Master dan masih banyak lagi.


Sekian tips dari admin, semoga bermanfaat untuk kamu para gamer tentunya. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat, terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.