Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kamera Depan GCam yang Blank Hitam, Force Close, Crash dan Error (Fix Kamera Depan GCam)

Cara Mengatasi Kamera Depan GCam yang Blank Hitam, Force Close, Crash dan Error (Fix Kamera Depan GCam)

Cara Mengatasi Kamera Depan GCam yang Blank Hitam, Force Close, Crash dan Error (Fix Kamera Depan GCam) tomsheru.com

Kamu pasti pernah mengalami kamera depan GCam gelap atau blank hitam? atau GCam force close saat dibuka? atau mungkin aplikasi kamera GCam crash dan error saat ingin digunakan? Tentu saja kamu berada ditempat yang tepat, karena pada kesempatan kali ini tomsherU akan membahas Cara Mengatasi GCam Blank Hitam, Force Close, Crash dan Error (Fix Kamera Depan GCam).

Akhir-akhir ini aplikasi kamera GCam (Google Camera) memang sedang viral dikalangan pengguna smartphone khususnya OS Android, karena fiturnya yang sangat lengkap dan hasil kamera nya pun tergolong luar biasa untuk sekelas HP.

Seiring dengan maraknya pengguna android yang menginstal GCam, semakin banyak pula masalah berdatangan. Masalah GCam yang terjadi biasanya karena ketidakcocokan antara versi aplikasi GCam dengan tipe hp sehingga mereka harus mengatasi masalah GCam seperti Fix Kamera Depan GCam, memperbaiki kamera hijau dan sebagainya. Masalah yang biasa dialami yaitu kamera depan GCam terbalik, kamera depan GCam blank hitam atau gelap, kamera depan GCam warna hijau, aplikasi GCam crash atau error, bahkan aplikasi GCam force close saat akan dibuka alias tidak bisa dibuka sama sekali.

Jadi disarankan untuk lebih teliti dalam mencari informasi antara versi GCam dengan tipe hp harus sesuai, jika tidak maka hasilnya akan muncul berbagai masalah dan ujung-ujungnya aplikasi google camera tidak bisa digunakan, untuk itu langsung saja simak tutorial singkat dibawah ini untuk memperbaiki masalah-masalah yang terjadi pada aplikasi GCam.


Cara Mengatasi Kamera GCam Blank Hitam, Fix Kamera Depan, Force Close, Crash, Error

Cara Mengatasi Kamera Depan GCam yang Blank Hitam, Force Close, Crash dan Error (Fix Kamera Depan GCam) tomsheru.com

Sebelum masuk ke tutorial Cara Fix Kamera Depan GCam, admin ingatkan terlebih dahulu ini khusus untuk android 7 (Nougat), android 8 (oreo), android 9 (pie). Disini terdapat 3 cara untuk memperbaiki kamera depan pada aplikasi google camera yaitu dengan cara Magisk, TWRP, dan Root Explorer.

Admin ingatkan untuk BACKUP rom melalui TWRP sebelum melakukan tutorial ini, karena semua kemungkinan yang tidak kita harapkan bisa saja terjadi tanpa kita sadari.

Tutorial fix Kamera Depan Via Magisk

Download terlebih dahulu modul magisknya dibawah ini, pilih sesuai OS android kalian masing-masing ya :
  1. Fix Kamera Depan GCam Android 7 (Nougat) Magisk Module
  2. Fix Kamera Depan GCam Android 8 (Oreo) Magisk Module
  3. Fix Kamera Depan GCam Android 9 (Pie) Magisk Module
Setelah kamu selesai mendownlaod masing-masing modul magisk sesuai dengan OS kamu sekarang, silahkan instal modulnya seperti biasa dan restart atau reboot hp kamu dan dijamin sukses.

Tutorial Fix Kamera Depan Via TWRP

Silahkan download bahan-bahan untuk dieksekusi melalui TWRP dibawah ini, jangan lupa sesuaikan dengan OS hp kamu ya :
  1. Fix Kamera Depan GCam Android 7 (Nougat) Flash TWRP
  2. Fix Kamera Depan GCam Android 8 (Oreo) Flash TWRP
  3. Fix Kamera Depan GCam Android 9 (Pie) Flash TWRP
Jika kamu sudah mendownload salah satu file twrp diatas sesuai dengan OS hp kamu, silahkan pindahkan ke internal memori hp dan restart hp kamu ke mode TWRP recovery, lalu flash file tersebut seperti biasa dan restart hp kamu.


Tutorial Fix Kamera Depan Via Root Explorer

Download file yang diperlukan untuk memperbaiki bug kamera depan GCam dibawah ini, pastikan kamu download sesuai OS android kamu ya :
  1. Fix Kamera Depan GCam Android 7 (Nougat) Via Rootex
  2. Fix Kamera Depan GCam Android 8 (Oreo) Via Rootex
  3. Fix Kamera Depan GCam Android 9 (Pie) Via Rootex
Setelah file root explorer diatas sudah kamu download sesuai OS hp kamu, silahkan extract file nya terlebih dahulu karena file diatas berformat zip (terdapat 2 file). Buka Root Explorer lalu pindahkan file yang sudah di extract tadi ke system / vendor / lib lalu paste disini. Pastikan permissions kedua file yang kamu pindahkan tadi adalah 644, lalu restart hp kamu. Cara ini harus kamu lakukan setiap update ROM, jadi jika kamu tidak mengulang cara ini maka GCam kamu akan kembali error.

Cara Mengatasi Kamera Depan GCam yang Blank Hitam, Force Close, Crash dan Error (Fix Kamera Depan GCam) tomsheru.com

Bagaimana setelah mengikuti tutorial diatas, apakah GCam kamu sekarang lancar digunakan? Harusnya sih sudah bisa digunakan layaknya aplikasi kamera, dan jika kamu masih mengalami masalah setelah menginstal file diatas maka cobalah untu mematikan fitur HDR+ pada kamera depan, atau jika terdapat pengaturan Fix Black Screen maka aktifkan settingan ini, dan jika masih saja tetap terjadi masalah maka satu-satunya jalan yaitu ganti versi GCam kamu.

Itulah tadi tutorial Cara Mengatasi Kamera Depan GCam yang Blank Hitam, Force Close, Crash dan Error (Fix Kamera Depan GCam), jangan lupa share ke teman atau keluarga kamu ya agar mereka juga dapat mengatasi permasalahan pada kamera depan GCam, terima kasih dan sampai jumpa.