Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Menambah Lega Ram Di Android Agar Tidak Lemot Dan Lag

Tips Cara Menambah Lega Ram Di Android Agar Tidak Lemot Dan Lag


Cara menambah lega ram di android agar tidak lemot dan lag akan menjadi pembahasan kita kali ini, jika kamu memiliki android dengan RAM 512MB, 1GB ataupun 2GB tapi masih LAG atau LEMOT saat digunakan multitasking atau bahkan RAM terasa sesak dan tidak lega saat main game, silahkan baca artikel ini sampai selesai.
Memiliki android dengan spesifikasi minim memang agak mengganggu aktifitas, misal android kamu ram 1GB atau 51MB dan kamu ingin membuka Facebook untuk sekedar melihat status teman kamu hari ini, dan tiba2 muncul notifikasi update story Instagram teman kamu dan saat kamu membuka Instagram bisa dipastikan aplikasi Facebook kamu akan tertutup secara otomatis untuk mengurangi beban dari RAM tersebut.

RAM yang artinya Random Access Memory, berguna untuk membantu kerja prosesor untuk mengeksekusi dan membaca "Data" pada aplikasi agar berjalan lancar dan ringan. Contoh gampangnya kita lihat gambar dibawah ini,


Kita ibaratkan gambar diatas menunjukan android dengan RAM 1GB atau 1.000MB, bisa kamu lihat untuk System apps saja sudah memakan hampir setengah dari total RAM dan ini berlaku untuk semua jenis android.

Mari kita hitung RAM, jika
System apps menghabiskan ram kira2 400MB
Apps 1 menghabiskan ram kira2 150MB
Apps 2 menghabiskan ram kira2 100MB
Apps 3 menghabiskan ram kira2 200MB
Berarti jika ditotal 400MB + 150MB + 100MB + 200MB = 850MB dan Empty Ram Space (ram kosong yang tersedia) masih kisaran 150MB, lega ya?

Jangan senang dulu, karena admin hanya mencontohkan dengan aplikasi standar seperti membuka sms, game kecil atau ringan, youtube dll yang hanya memakan sedikit ram. Bagaimana jika kamu mencoba memainkan game HD (misal saja Mobile Legends) yang memakan RAM hampir 500MB atau bahkan 700MB? Dengan kondisi seperti diatas jelas tidak akan mungkin bisa lancar untuk memainkan game HD dengan RAM 1GB. Lalu bagaimana solusinya?

Banyak artikel yang menjelaskan tentang cara menambah RAM di android dengan embel2 menambah ram 1GB menjadi 2GB, what??? Admin jelaskan, hal itu sungguh2 TIDAK MASUK AKAL! Mungkin yang mereka maksud adalah fake RAM, alias hanya tulisan saja yang berubah, yang tadinya ram 1GB menjadi 32GB pun juga bisa tetapi kinerja tetap saja pada RAM 1GB.

Setelah ini admin akan mencoba share cara agar ram 512MB, 1GB, atau 2GB menjadi lancar untuk multitasking dan main game HD, bukan menambah ram yang ada. Tapi sebelumnya like dulu facebook fanspage kami (tombol like untuk pc/komputer ada di sebelah kanan kamu, untuk mobile atau android ada di paling bawah), dan jangan lupa juga share ke teman2 kamu yang membutuhkan ya.


Tips Cara Menambah Lega Ram Di Android Agar Tidak Lemot Dan Lag

TIPS PERTAMA

Tips yang pertama adalah dengan mengganti ROM atau system kamu ke CUSROM (Custom ROM) dan menginstal Custom Kernel. CUSROM adalah system yang telah dibuat dan dimodifikasi oleh pengembang yang berpengalaman, yang jelas cusrom ini bertujuan untuk kelancaran dalam mengoperasikan android. Banyak cusrom yang bisa kamu download untuk tipe android yang kamu gunakan sekarang, dan dijamin android kamu akan menjadi ringan setelah menginstal cusrom sesuai tipe android kamu.

 
Selain ringan, ram android kamu juga akan menjadi lega, restart hp lebih cepat, charging lebih cepat dan stabil, multitasking lancar, dan yang jelas perfoma android kamu akan lebih baik dibanding sebelumnya. Jika ingin tau cara menginstal CUSROM dan Custom Kernel, silahkan komentar dibawah dan admin akan buatkan artikel khusus untuk kalian.

Contoh CUSROM yang biasa digunakan adalah LineageOS ROMs, Resurrection Remix, PAC-man ROMs, SlimROMs, AOSP Extended, dan masih banyak lagi. Tips untuk memilih cusrom adalah hindari cusrom yang masih banyak mengandung bug, telitilah komentar2 sebelum mendownload dan menginstal cusrom.



TIPS KEDUA

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti GL Tools. Kamu bisa baca artikel lengkapnya tentang GL Tools disini Cara Main Mobile Legends Agar Berjalan Mulus Tanpa Lag Di Android (Versi ROOT) 100% Sukses. Dengan catatan android kamu sudah terpasang Root ya.




TIPS KETIGA 

Tips yang ketiga yaitu dengan cara mempartisi SD Card kamu, cara ini adalah untuk menambah ram kamu secara virtual, bukan secara fisik ram kamu bertambah. Kamu bisa menggunakan software di komputer yang bernama Mini Tool Partition Wizard untuk merubah partisi pada MicroSD kamu, intinya sih untuk meringankan kinerja RAM asli kamu, jadi Virtual RAM ini untuk membantu RAM asli kamu agar lebih smooth dan ringan saat membuka aplikasi dan multitasking.




TIPS KEEMPAT

Tips yang terakhir ini adalah cara yang paling mudah, tapi tidak se ampuh 3 cara diatas. Ya tidak ada salahnya kamu coba juga, beberapa orang juga pernah merasakan perbedaannya di android mereka. Kalian bisa download aplikasinya versi Pro yang telah admin kumpulkan dan kalian bisa download gratis, cekidot!
  1. Aplikasi RAM Booster eXtreme Speed Versi Pro. 
  2. Apikasi Smart Booster Pro Free Cleaner v7.2.
  3. Aplikasi Swapper & Tools.
Itulah tadi cara2 untuk menambah lega ram android kamu baik itu 512MB, 1GB maupun ram 2GB agar tidak lag atau lemot saat main game HD dan multitasking. Jika kamu masih ada pertanyaan tentang artikel ini, jangan ragu untuk komentar dibawah, dengan segera admin akan membalas komentar kamu, terima kasih.