Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Penyebab HP Xiaomi Kamu Hilang 4G? Ini Alasannya, Berikut Solusi Untuk Mengatasinya

Apa Penyebab HP Xiaomi Kamu Hilang 4G? Ini Alasannya, Berikut Solusi Untuk Mengatasinya

Mengapa Xiaomi kamu tidak muncul 4G? baik setelah di update maupun tiba-tiba hilang 4G nya bukan karena smartphone kamu rusak atau produk Xiaomi ini jelek, jangan berpikir negatif dulu.

Penyebabnya karena adanya aturan TKDN ( Tingkat Kandungan Dalam Negeri ) yang dibuat oleh Kementrian Perindustrian yang mengharuskan semua elektronik harus memiliki komponen minimal 30%. Oleh karena itu Pihak Xiaomi Menghilangkan Fitur 4G melalui firmware yang anda download atau update.

Xiaomi memang tidak tersedia secara resmi di indonesia, tetapi peminta smartphone yang satu ini semakin meningkat. Anda bisa coba rasakan sendiri smartphone harga yang terjangkau ini dengan perfoma yang tidak mengecewakan di banding smartphone lainnya dengan harga yang setara.

Rata-rata pengguna Xiaomi Redmi 3, Redmi 3 Pro dan Redmi note 3 Pro akan hilang fitur 4G nya jika di update menjadi MIUI 7.5.3.0. Tetapi bukan berarti tidak ada solusi untuk 4G yang hilang ini, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membuat 4G Xiaomi kamu kembali normal.




1. Ubah Locale Menjadi Malaysia

Apa Penyebab HP Xiaomi Kamu Hilang 4G? Ini Alasannya, Berikut Solusi Untuk Mengatasinya

Cara sederhana agar 4G kamu kembali adalah dengan mengganti Locale menjadi Malaysia dengan cara masuk ke menu SETTINGS ( PENGATURAN ) - ADDITIONAL SETTINGS ( SETELAN TAMBAHAN ) - LOCALE ( LOKASI/REGION )  lalu ubah menjadi Malaysia. Setelah selesai ubah Xiaomi kamu menjadi mode pesawat ( Airplane Mode ). Setelah mode tersebut dinyalakan maka 4G Xiaomi Kamu akan muncul kembali.




2. Gunakan Kode Tertentu

Jika cara diatas gagal, jangan sedih, coba cara satu ini agar 4G Xiaomi kamu kembali muncul. 
  •  Lepas semua SIM Card Xiaomi kamu, biasanya ada 2 slot sim card.
  • Masuk ke Phone Dialer dan tekan *#*#4636#*#*
  • Pilih menu Phone information 1 ( Informasi telepon 1 ) lalu pilih Set Preferred Network Type ( Setel Jenis Jaringan Yang Disukai )
  • Kamu pilih saja pengaturan CDMA Only
  • Setelah itu masukan SIM Card kamu ( Masukan SIM Card 1 dulu yang sudah support 4G ) , lalu masuk ke PENGATURAN - KARTU SIM & JARINGAN SELULER lalu pilih Global atau Preferred 4G (CDMA ). Beberapa kasus pas milih Global ternyata 4G masih belum muncul, coba langsung pilih saja Preferred 4G ( CDMA )

Apa Penyebab HP Xiaomi Kamu Hilang 4G? Ini Alasannya, Berikut Solusi Untuk Mengatasinya



3. Downgrade Firmware MIUI Kamu

Masih belum muncul 4G nya? Coba cara terakhir ini. Biasanya cara yang terakhir ini paling ampuh dibanding cara lainnya, tetapi perlu pengetahuan tentang upgrade dan downgrade firmware khususnya untuk Xiaomi ini.

Cara paling mudah untuk downgrade adalah dengan mendownload dulu firmware ( ROM ) terlebih dahulu di situs xiaomi resmi dan pilih gambar sesuai tipe Xiaomi kamu ( Disarankan menggunakan WIFI karena besar file nya lumayan menguras kuota jika menggunakan data paketan ). Setelah selesai mendownload ubah nama file tersebut menjadi update.zip

Buka aplikasi updater atau buka pengaturan dan pilih tentang ponsel, lalu tekan 3 titik dipojok kanan atas kemudian pilih Choose Update Package ( Pilih paket pembaruan ). Pilih ROM yang telah kamu download tadi ( update.zip ) dan tunggu prosesnya hingga selesai, biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Apa Penyebab HP Xiaomi Kamu Hilang 4G? Ini Alasannya, Berikut Solusi Untuk Mengatasinya



 Jika dari ke 3 cara diatas gagal untuk mengembalikan 4G Xiaomi kamu, mungkin kamu butuh dukun HP yang lebih pinter alias counter :D