Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Android Bootloop tanpa Flash

Cara Mengatasi Android Bootloop tanpa Flash


Cara Memperbaiki Android Bootloop

Masalah bootloop pada android adalah suatu keadaan dimana system hp android kalian tidak bisa melakukan proses booting atau start-up sebagai akibatnya hp android tidak mampu untuk masuk ke menu utama, biasanya hanya stuck pada logo merk hp. Ada 3 masalah bootloop android yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan  Hard Bootloop.

Terdapat banyak faktor Penyebab handphone android bootloop seperti kegagalan system, kesalahan pada waktu proses rooting hp kalian. Entah itu kesalahan merubah font yang tidak cocok, merubah boot animation, merubah file system Ui, memodifikasi kernel, memasang cusrom dan masih banyak lagi.

Jika kalian gagal masuk ke menu utama smartphone dan  hanya berhenti di logo berarti itu Bootloop. Bila itu terjadi jangan panik dulu sebab disini tomsherU akan jelaskan cara mengatasi bootloop di android tanpa harus melakukan flash firmware.


Cara Memperbaiki Android yang Bootloop tanpa Flash Firmware

Light Bootloop Android

Kasus yang pertama ini terjadi biasanya karena kalian mencoba memodifikasi sistem primer dan  tidak menggunakan Recovery Mode, jadi akan menyebabkan light bootloop seperti blank screen.

Cara Mengatasi : Silahkan restart handphone kalian terlebih dahulu, Bila masih ada keanehan silahkan matikan serta lepaskan baterai terlebih dahulu lalu pasang kemudian coba nyalakan lagi hp kalian.


Medium Bootloop Android

Hal ini sering terjadi ketika kalian mencoba masuk ke system Recovery Mode serta menginstall script yg tidak diketahui asal-usulnya.

Sebelum memodifikasi apapun lewat Recovery Mode lakukan backup terlebih dahulu supaya nanti jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kalian dapat me-restore nya.

Cara Mengatasi :Silahkan copot script yang kalian instal sebelumnya agar android dapat berjalan normal kembali.

Hard Bootloop Android

Tipe Bootloop yang satu ini merupakan yg paling parah. Kondisi ini membuat kalian tidak bisa masuk kedalam menu utama smartphone dan  hanya stuck pada logo lalu restart berulang kali.

Cara Mengatasi : Silahkan instal ulang firmware sesuai dengan tipe android kalian, Bila anda ragu-ragu silahkan bawa ke service center.

Jadi jangan terburu-buru segera membawa hp android kalian ke tukang service, tetapi carilah terlebih dahulu masalahnya pada google atau bertanya pada teman yang lebih mengetahui tentang android. Semoga cara memperbaiki android bootloop berguna buat yg membutuhkannya.