Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Mudah, Cepat dan Tanpa Ribet
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Mudah, Cepat dan Tanpa Ribet
Cara membuat Daftar Isi otomatis di Word 2007, 2010, 2013 dan 2016 mungkin sebagian dari kalian sudah menguasainya, tetapi untuk kebanyakan orang belum mengerti tentang Microsoft Word dan ini cukup menyusahkan jika kita harus membuat daftar isi untuk keperluan kuliah misalnya, atau keperluan lain yang berhubungan dengan daftar isi.
Tentu ada cara lain untuk membuat daftar isi dengan mudah tanpa ribet, dan kita bisa membuat daftar isi tanpa harus menggunakan microsoft word. Melalui Google Docs kamu dapat membuat daftar isi dengan mudah dan cepat, prosesnya pun tidak serumit melalui microsoft word dan kamu pun bisa membuat daftar isi di Android maupun iPhone hanya dengan menggunakan aplikasi Google Docs.
Untuk membuat daftar isi seperti microsoft word di Google Docs kamu cukup mengunjungi situs https://docs.google.com/ dari komputer atau laptop, dan kamu juga bisa download aplikasi di hp Google Docs (PlayStore) dan Google Docs (AppStore).
Disini kita akan membahas Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs melalui komputer atau laptop, untuk versi hp kurang lebih langkahnya sama hanya letaknya saja yang berbeda. Mari kita simak penjelasan singkatnya dibawah ini.
Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs Melalui PC
- Buka situs https://docs.google.com/ lewat browser di komputer atau laptop, lalu silahkan buat dokumen baru.
- Pindahkan dokumenmu yang ada di word ke google docs atau jika belum mempunyai dokumen kamu bisa membuat baru di google docs.
- Langkah selanjutnya tentukan heading 1, 2, 3 pada tiap masing-masing bab untuk membuat daftar isi otomatis (penjelasan lengkap lihat gambar dibawah). Caranya silahkan block bagian yang akan dijadikan heading dan pilih menu normal text dan pilih headingnya.
block pada kata-kata yang akan dijadikan heading lalu pilih normal text
memilih heading 1 (nama proyek, tujuan proyek, peserta proyek)
memilih heading 2 (ringkasan, spesifikasi, manfaat proyek, peserta aktif)
memilih heading 3 (peserta tidak aktif)
hasil dari sususan dari heading 1,2 dan 3
- Setelah selesai memberikan heading kamu tinggal membuat daftar isi dengan mudah dan otomatis caranya yaitu tentukan posisi dimana akan dibuat daftar isi dan buatlah judul besarnya.
- Silahkan pilih menu sisipkan (insert) dan pilih daftar isi (table of content), lalu pilih 2 jenis daftar isi yang tersedia dan secara otomatis daftar kamu sudah jadi.
- Setiap perubahan yang kamu buat tidak secara langsung tampil di menu daftar isi, tapi kamu cukup menekan atau klik tombol refresh (kotak merah) agar tampilan daftar isi diperbaharui.
gambar diatas adalah susunan heading 1,2 dan 3
gambar diatas adalah hasil dari daftar isi otomatis (klik kotak merah untuk memperbaharui)
- Perlu diingat, untuk format Title dan Subtitle (judul dan subjudul) TIDAK bisa ditampilkan di daftar isi.
Bagaimana, mudah bukan? Itulah tadi cara membuat daftar isi secara otomatis di komputer tanpa ribet, cepat dan mudah. Silahkan dipraktekan dan jangan lupa share ke teman kamu yang membutuhkan ya, terima kasih dan semoga sukses.